Pameran Desain Mobil Masa Depan

Mahasiswa jurusan Teknik Mekatronika Politeknik Caltex Riau (PCR) memamerkan karya desain mereka dalam pameran yang berlangsung di Mainhall Kampus PCR. Dalam pameran bertema Mobil Masa Depan yang dibimbing oleh Agus Wijianto, S.T M.T., ada sebanyak 69 orang mahasiswa jurusan Teknik Mekatronika yang ikut berpartisipasi.

Menurut Agus Wijianto, yang juga merupakan Dosen Teknik Mekatronika PCR, karya yang ditampilkan bertujuan sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswa serta melatih kemampuan desain mahasiswa menjadi sesuatu yang aplikatif.

“Ini sebagai salah satu bentuk komitmen yang kuat untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia yang handal di bidang teknologi terapan, berwawasan luas serta memiliki integritas yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan industri yang terus tumbuh dan berkembang di Provinsi Riau, di tingkat nasional maupun global,” paparnya.

Dijelaskan Agus Wijianto, acara tersebut terbuka bagi masyarakat yang ingin melihat hasil karya desain mobil masa depan secara gratis. Warga dapat melihatnya mulai dari tanggal 25 Januari – 26 Januari 2017 pukul 07.00 wib hingga 16.00 WIB di Mainhall Kampus PCR.

“Diharapkan dengan diadakannya pameran ini, mahasiswa senantiasa terus mengembangkan semangat berkreasi dan selalu mengeksplor kemampuan mereka,” imbuhnya.

2 Proposal Tim Robot PCR Lolos Seleksi Tahap I KRI


Tahun ini, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KemenristekDIKTI) kembali menyelenggarakan Kontes Robot Indonesia (KRI). KRI adalah kegiatan kontes bidang

robotika yang dapat diikuti tim mahasiswa dari institusi atau Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang terdaftar di KemenristekDIKTI.

Tim Robot PCR berhasil meloloskan 2 proposal untuk KRI dan ikut bertanding dalam Kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Berkaki (KRPAI Berkaki) dan Kontes Robot Sepakbola Indonesia Beroda (KRSBI Beroda). Tim yang mewakili PCR dalam kontes tersebut adalah Tim Al Ahsan 5 dan Tim Fetih 6. Hasil seleksi tahap I telah diumumkan oleh DIKTI pada tanggal 17 Januari 2017 melalui website http://www.kopertis10.or.id/?p=4970.

Tim Al Ahsan 5 dan Fetih 6 selanjutnya akan mempersiapkan robotnya untuk evaluasi tahap kedua, dengan menyampaikan laporan kemajuan pembuatan robot.

Untuk Kategori KRPAI Berkaki, tim Al Ahsan harus mempersiapkan robot yang dapat bergerak dari home menuju ruang, mencari lilin dan mematikannya. Sedangkan untuk KRSBI Beroda, Tim Fetih 6 mempersiapkan robot yang dapat mencari dan menendang bola.